Rabu, 15 Juni 2011

Pengertian dan Manfaat Teknologi Informasi

Teknologi Informasi begitu pesatnya berkembang dan dampaknya telah kita rasakan berbagai kemudahan yang kita terima, seperti kemudahan untuk memperoleh informasi melalui telepon seluler dan internet. Kemudahan dalam berinteraksi dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit, dam kemudahan untuk mengambil uang di ATM, adalah berkat kemajuan Teknologi Informasi.
Untuk mengenali dan menggali potensi teknologi informasi bisa kita raih dengan mudah kita bisa belajar lewat internet(e-learning), membaca buku dari internet (e-book), semua itu juga berkat kemajuan Teknologi Informasi. Kemudahan mengakses informasi tanpa batas, dunia seakan tak berjarak serta efek-efek yang sangat besar telah diciptakan oleh Teknologi Informasi.

Teknologi informasi (TI) adalah teknologi apa saja yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi.
contohnya seperti, PC, telepon, TV, peralatan rumah tangga dan piranti genggam modern (ponsel).
Saat ini untuk beberapa bagian orang bahkan hampir semua orang didunia memiliki ketergantugan terhadap alat-alat TI yang membantu mereka dalam menyelesaikan masalah untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
Oleh sebab itu mengikuti kemajuan perkembangan teknologi informasi yang setiap hari bahkan hampir tiap detiknya teknologi itu selalu berkembang dengan kemajuan yang lebih canggih sangat diperlukan.
Manfaat Teknologi Informasi
Manfaat Teknologi Informasi tanpa disadari telah merasuki kedalam sendi-sendi kehidupan manusia. Dari mulai mesin pembuat kopi, mengirim pesan pendek, dunia perbankan, hingga pesawat terbang tidak bisa lepas dari penggunaan Teknologi Informasi.
*Memasuki dunia pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi melayani para peserta didik untuk dapat belajar secara e-learning, pendidikan jarak jauh baik melalui komputer dan alat multimedia yang dikirimkan, maupun lewat internet.  Disamping itu tersedianya alat yang memproses teks, gambar, suara dan video melahirkan metode ajar baru yang berbasis multimedia, yang memudahkan dan mempercepat proses belajar mengajar.
*Dalam dunia Perbankan modern, teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang signifikan. Sistem online yang memudahkan transfer antar cabang dan antar bank memanjakan nasabah sehingga dapat mengambil dan mengirim uang dimana pun dan kapan pun, tak hanya dalam satu wilayah negara bahkan hingga membuat jaringan keseluruh dunia. Teknologi ini didukung oleh mesin ATM, situs online, hingga phone banking dan SMS banking.
*Dalam dunia kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan untuk alat kesehatan, seperti mesin pacu jantung, kamera mini operasi, mesin cuci darah, USG, hingga sistem komputer dan jaringan yang menangani transaksi dan administrasi rumah sakit.
*Dalam dunia kepolisian, teknologi informasi mempunyai peran penting, mulai dari komputerisasi pembuatan SIM sehingga terdokumentasi dengan baik dan mempercepat proses pembuatannya, hingga penggungkapan bukti kejahatan, seperti forensik dan identifikasi wajah, yang dahulu sangan sulit dilakukan.
Banyak lagi bidang lain yang menggunakan teknologi informasi, bahkan dapat dikatakan menjadi ketergantungan. kehidupan manusian mengalami revolusi peradaban dengan banyak lagi ditemukannya alat-alat baru dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi..

1 komentar:

  1. The Wizard's Kitchen | Harrah's Philadelphia - M Resort Spa
    The 동두천 출장마사지 Wizard's Kitchen The 상주 출장마사지 Wizard's Kitchen For The Wizard's Kitchen, 충주 출장안마 you're sure to have something 보령 출장마사지 for everyone. 상주 출장샵

    BalasHapus